Berbagai Macam Ukuran Triplek Dan Jenisnya

ukuran triplek
Ukuran triplek mempunyai cukup banyak ragam serta triplek pun dapat dibedakan menjadi dua jenis dan hal tersebut sangat bergantung pada penggunaan atau pemanfaatan dari triplek. Triplek yang dalam bahasa Indonesiannya dapat diartikan kayu lapis atau mungkin lebih di kenal plywood secara internasional sangatlah dicari karena hampir dari segala furniture yang terbuat dari kayu menggunakan triplek sebagai bahan baku dasarnya selain itu triplek juga digunakan untuk pembuatan bahan baku badan kapal, gerbong kereta api, rumah dan pesawat terbang. Hal yang melatar belakangi penggunakan triplek karena karakteristik yang lebar dan panjang serta hampir memiliki daya tahan seperti kayu solid selain itu triplek memiliki keunggulan yaitu tidak mudah melengkung, retak dan pecah dibanding kayu solid.

Ukuran triplek yang umum ditemui di pasaran adalah yang memiliki panjang 2440 mm dan lebar 1220 mm hanya saja secara umum untuk ketebalan dari triplek sendiri cukup beragam yaitu dari 3 mm hingga 32 mm. Ukuran triplek 2440 X 1220 mm kemudian dengan ketebalan 3 hingga 15 mm lebih sering digunakan untuk pembuatan alat rumah tangga yang terkesan ringan seperti rak, meja dan sebagainya, kemudian ukuran 2440 X 1220 mm dengan ketebalan 18 hingga 32 mm lebih sering di gunakan sebagai perlengkapan yang cukup berat seperti pelapis lantai plyfond dan pelapis dinding.

Ada pun ukuran yang biasanya juga digunakan yaitu dengan panjang 1800 mm dengan lebar 900 mm dan ketebalannya pun sama yaitu 3-32 mm. Jenis triplek terbagi 2 macam dan masing-masing memiliki kelebihan yaitu softwood dan hardwood. Softwood terbuat dari bahan kayu yang cukup lunak yaitu dari kayu sengon dan kelebihan dari kayu ini adalah lebih mudah dalam pengolahan untuk menjadi barang jadi seperti perabot rumah tangga. Kemudian hardwood memiliki karakter kayu yang lebih kuat dan keras karena terbuat dari kayu jati dan maranti. Kelebihannya bahan ini sangat kokoh untuk pembuatan furniture.

Triplek secara ekonomis adalah bahan baku yang terbilang cukup murah dan efisien. Itulah sebabnya produksi triplek sangatlah besar dan cukup pesat sehingga bahan material bangunan ini mengalami berbagai macam perkembangan dari jenis maupun ukuran yang bervariasi. Jika anda ingin mengetahui informasi tentang triplek atau plywood anda dapat mengunjungi dan bergabung dalam situs gudangtriplek.com yang tentunya terdapat berbagai macam info tentang triplek dan penjualannya serta mengetahui berbagai macam jenis dan ukuran triplek yang sudah mengalami berbagai macam perkembangan serta anda dapat mengetahui manfaat dan cara penggunaan dari triplek atau plywood. Sekian informasi yang pastinya bisa menjadi referensi untuk anda yang akan membeli triplek atau yang biasa kita kenal plywood.

0 Response to "Berbagai Macam Ukuran Triplek Dan Jenisnya"

Posting Komentar